Inilah 2 Bahan Terbaik Pipa Sch 80, Spesifikasi, dan Harganya!

ilustrasi pipa sch 80

Pipa sch 80, tersedia dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan bahan baku utama pembuatannya. Bahan yang digunakan untuk membuat SCH 80 merupakan bahan yang tahan terhadap karat dan dapat memiliki kemampuan untuk melawan oksidasi. Apa saja bahan-bahan pembuatan pipa sch? Ini dia jawabannya !

  1. Stainless Steel

Pertama, yang digunakan sebagai bahan pembuatan pipa schedule, baik pipa sch 40, 80, 100, dan seterusnya adalah menggunakan stainless steel.  Pipa sch yang dibuat menggunakan bahan stainless steel diyakini akan lebih tahan terhadap karat dan mampu memperlambat terjadinya proses oksidasi. 

Jika ditinjau dari segi tampilan ,pipa berbahan stainless steel terkesan tampil lebih elegan daripada pipa sch dari bahan lain. Hal tersebut terjadi karena kandungan logam yang ada di dalamnya dicampur dengan beberapa senyawa lain untuk mendukung ketahanan anti karatnya. Beberapa logam campuran yang digunakan di antaranya adalah besi, nikel, karbon, dan kromium.

Karena keunggulan yang dimilikinya, pipa sch 80 berbahan stainless steel dikenal memiliki harga pasaran yang lebih tinggi dari jenis lainnya. Lebih-lebih jika pipa yang ditawarkan tidak disertai dengan bekas pengelasan atau berjenis seamless, harganya biasa jauh lebih tinggi dari standarnya. Pipa schedule 80 dari bahan ini juga lebih ramah lingkungan dan lebih tahan terhadap tekanan. 

  1. Carbon Steel

Logam carbon steel yang digunakan sebagai bahan pembuatan pipa schedule 80 mengandung 2 material campuran utama, yaitu besi dan carbon. Kedua material tersebut digunakan karena alasan kekokohan struktur dan ketahanannya terhadap proses terjadinya oksidasi. 

Biasanya SCH 80 dengan bahan dasar carbon steel digunakan untuk industri atau konstruksi yang membutuhkan ketahanan tinggi terhadap suhu ekstrim. Tidak hanya itu, pipa dengan bahan dasar carbon steel ini juga sering digunakan untuk industri yang butuh ketahanan terhadap suhu,

Nah, selain wajib mengetahui bahan dasar utama pembuatan pipa, hal lain yang harus anda ketahui adalah spesifikasi dan harga pipa. Baik pipa sch yang berbahan dasar stainless steel atau carbon steel, masing-masing memiliki spesifikasi. Berikut merupakan spesifikasi pipa sch 40 dan 80:

  1. Spesifikasi Bahan Stainles Steel
  • ASTM SA/A312 TP304/304L
  • ASTM SA/A312 TP316/316L
  1. Spesifikasi Bahan Carbon Steel
  • ASTM SA/A106 – B/API 5 – B/ API 5L – X42

Harga Pipa Sch

Perihal harga, tergantung dengan besaran diameter dan ukuran sch-nya. Di pasaran, pipa schedule 80 berdiameter 1/8 inchi dihargai mulai dari Rp 23.000 per batang. Sedang untuk SCH 80 berdiameter 3/8 inchi dihargai mulai dari Rp 62.000. Harga tersebut juga tergantung dengan merk pipanya.

Itulah informasi terkait bahan pembuatan pipa sch yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli pipa sch. Selain mengetahui bahan pembuatan pipa, lakukan survei kecil-kecilan agar bisa mendapatkan pemasok yang profesional dan tidak abal-abal. Jangan sampai uang anda terbuang sia-sia karena memilih pemasok pipa sch 80 yang tidak terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.