Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis!

fungsi bank umum dan bpr

Apabila kamu adalah salah satu orang yang ingin membuka bisnis untuk pertama kali, tentu kalian harus memiliki banyak persiapan. Salah satu persiapan yang sangat penting dalam mendirikan sebuah bisnis adalah memiliki modal. Uang memang bukan segalanya dalam dunia bisnis, namun segalanya juga memerlukan uang untuk merintis sebuah usaha. Terutama jika kamu tergolong pemula di bisnis tersebut. Menyalurkan modal adalah salah satu fungsi bank umum dan BPR.

Namun jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, bukan berarti peluang untuk membangun bisnis hilang seketika. Masih ada beberapa cara lain agar kamu masih bisa mendirikan bisnis pertama kamu. Salah satunya adalah dengan mencari sponsor. Apabila ide kamu tergolong dalam ide yang menarik dan kreatif, maka sponsor bisa menjadi salah satu alternatif yang paling bijak. Terutama di era sekarang banyak pemodal yang sangat tertarik dengan model bisnis yang sangat segmented. 

Selain sponsor, kamu bisa mengambil resiko dengan meminjam modal ke bank. Proses ini mungkin sangat berbahaya dan penuh dengan syarat yang cukup rumit. Sebab meminjam modal di bank tidak bisa dilakukan sembarangan orang, selain itu kamu juga harus memiliki jaminan yang sesuai agar bisa diterima oleh bank. Jaminan itu biasanya berupa barang yang sangat berharga, seperti rumah, mobil dan lain-lain. Alasan itulah kenapa banyak orang menganggap melakukan peminjaman ke bank sangat berbahaya, sebab apabila tidak bisa mengembalikannya dalam jangka waktu yang telah disepakati, maka mereka akan menyita barang tersebut secara paksa. 

Jenis Bank

Untuk itulah kenali dulu jenis bank sebelum melakukan peminjaman. Selain untuk menghindari miss komunikasi, literasi keuangan juga akan terlatih dan bisa digunakan untuk belajar mengatur keuangan. Secara garis besar ada dua jenis bank yang bisa memberikan peminjaman pada kamu yang pertama yaitu bank umum, sedangkan yang kedua adalah bank perkreditan rakyat (BPR). 

Kedua bank ini secara umum memang melayani peminjaman. Namun keduanya tentu memiliki cara dan fungsi yang berbeda. Fungsi dan gerak kedua jenis bank ini telah diatur oleh undang-undang yang berlaku. Jadi apabila kamu ingin memulai usaha, harap pastikan memilih salah satu dari kedua jenis bank tersebut. 

Rekomendasi

Fungsi bank umum dan BPR memang berbeda, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang jelas pastikan modal berapa yang kamu butuhkan, dan apakah persyaratannya telah terpenuhi sebelum melakukan peminjaman. Rekomendasi terbaik apabila kamu ingin melakukan peminjaman ke bank, harap hitung beberapa kemungkinan kedepan mengenai untung dan rugi dari bisnis yang akan kamu jalankan. 

Banyak orang berpendapat bahwa sebuah bisnis lebih baik dijalankan terlebih dahulu, sisanya biar takdir yang menentukan. Itu berlaku jika kamu telah memiliki ilmu bisnis yang cukup dan memiliki pengalaman segudang. Namun apabila kamu baru pertama kali masuk ke dunia bisnis, nampaknya perlu ada perhitungan yang cukup matang. Jadi segala keputusan yang akan kamu ambil nantinya, tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.