Tips Mudah Memilih Baja Ringan Kualitas Terbaik

Produsen Baja Ringan

Produsen baja ringan semakin banyak di pasaran, baik itu lokal atau yang berasal dari impor. Jika nantinya salah dalam membeli baja ringan, maka kekuatan dan usia bangunan yang akan menjadi taruhannya. Jika Anda ingin produk baja ringan harus teliti, simak tips berikut ini untuk mendapatkan baja ringan berkualitas. 

Memilih Produk yang Sudah Bergaransi 

Jika Anda ingin membuat pintu baja ringan maka pilih baja ringan yang sudah mempunyai garansi. Bukan hanya akan terjamin dari segi kualitas, pembeli juga tidak harus khawatir dengan produk yang cacat karena mempunyai jaminan pada baja ringan tersebut. Garansi untuk material baja ringan ini memang sangat penting, karena ini akan menjamin dari segi ketahanan dan sudah dilakukan uji coba berdasarkan tarikan tegangan pada produsen baja ringan yang membuatnya. 

Pastikan juga toko bangunan tersebut juga melayani penggantian atap baja ringan apabila nantinya terjadi kerusakan sesuai dengan ketentuan yang tertera di garansi produk. Pastikan jika masa garansi produk, sehingga pembeli dapat terhindar dari kerugian bila baja ringan yang digunakan tidak dapat bertahan lama setelah dipakai untuk konstruksi pada bangunan. 

Pastikan Sudah Berstandar SNI 

Pastikan membeli baja ringan yang sudah bisa memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Saat ini banyak sekali toko bangunan yang melakukan jual – beli baja tanpa adanya label SNI. Hal ini sangat penting mengingat baja ringan harus sudah memenuhi standar SNI 8399:2017 supaya dapat terhindar dari yang namanya kerusakan seperti korosi dan juga tingkat ketegangan yang rendah. 

Ketegangan rendah ini mampu membuat konstruksi baja ringan mudah bengkok dan rawan untuk roboh ketika tertiup angin yang kencang atau sekedar menahan beban bangunan yang akan ditopangnya seperti genteng untuk penggunaan konstruksi atap. Standar SNI ini akan menentukan baja ringan yang terbaik dan juga berkualitas, terutama terkait dengan material pelapis yang ada dalam baja ringan terdiri dari seng (Zn), Aluminium (Al), Magnesium (Mg). Produk baja ringan yang sudah berstandar SNI pastinya teruji sehingga membuat Anda terhindar dari kerugian. 

Bracing Baja Ringan

Bracing ini sangat vital pada saat memilih baja ringan, terutama jika digunakan untuk konstruksi atap bangunan. Walaupun kuat, baja ringan mempunyai ketebalan yang cukup tipis dan ringan dibandingkan pada baja konvensional. Hal yang bisa membuat baja ringan membutuhkan penyangga atau bracing yang tepat. 

Bracing ini kualitasnya harus sama dengan baja ringan, daya konstruksi bangunan dari baja ringan akan begitu ditentukan oleh bracing yang digunakan. Jika nantinya baja ringan tidak mendapat bracing yang sesuai dari produsen baja ringan maka atap akan mudah roboh karena tegangannya yang longgar dan rendah. Itulah kenapa Anda tidak boleh salah memilih baja ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.