Perkiraan Biaya Tes Kesuburan

Ilustrasi kehamilan

Tes kesuburan perlu dilakukan jika memang telah menikah lama dan belum juga memiliki anak. Ada kemungkinan pasangan suami istri mengalami gangguan kesehatan. Meski biaya tes kesuburan wanita dan pria itu memang cukup mahal.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Biaya Tes Kesuburan

Faktor-faktor  yang menentukan antara lain sebagai berikut.

Jenis Tes nya Tergantung Kondisi

Ada tes kesuburan untuk pria, selain tes kesuburan pada wanita sebagai berikut. Hal tersebut dilakukan sesuai hasil diagnosis dokter kandungan.

Tes Kesuburan pria

Prosedur awal tes kesuburan pria, bisa dimulai dengan melakukan analisis sperma, yakni dengan memeriksa sampel air maninya. Namun biaya tes kesuburan pria bisa bertambah jika diminta juga untuk melakukan USG guna mendeteksi gangguan pada organ reproduksi pria. Begitu juga dengan pemeriksaan hormon serta biopsi testis untuk beberapa kasus khusus tertentu.

Tes Kesuburan wanita

Awalnya akan dilakukan tes ovulasi guna mengukur tingkat hormon untuk menentukan apakah berovulasi dan bisa menghasilkan sel telur dengan secara teratur. Berikutnya bisa dilanjutkan dengan , pemeriksaan cadangan sel telur guna mengetahui kualitas serta jumlah sel telur yang tersedia untuk ovulasi. Biaya tes kesuburan wanita ini cukup mahal, yakni mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah. Dapat juga diminta dokter kandungan untuk melakukan tes hormon tiroid serta kelenjar pituitari jika perlu. Pada beberapa kasus khusus bisa juga dilakukan histeroskopi guna memantau kondisi rahim. Dapat pula dilakukan pemeriksaan chlamydia oleh dokter kandungan guna memeriksa kemungkinan terdapat chlamydia, yakni penyakit yang dapat menyebabkan kemandulan.

Lokasi Pelaksanaan Tes Kesuburan

Jika tes kesuburan bisa dilakukan di faskes (fasilitas kesehatan) pertama di klinik atau puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) maka biaya tes kesuburan di Puskesmas tersebut bisa lebih murah jika dibandingkan biaya tes kesuburan di rumah sakit. Apalagi untuk rumah sakit kelas internasional yang mewah dan lengkap serta makin canggih peralatannya.

Kisaran Biaya Tes Kesuburan Pria dan Wanita

Sebagai perkiraan maka biaya tes kesuburan suami dan istri berkisar mulai dari 300 ribu Rupiah hingga 3 juta Rupiah lebih tergantung pada beberapa faktor sebagaimana tersebut di atas sebelumnya, dan Anda harus menentukan kapan Anda perlu melakukan tes tersebut.

Harga atau biaya tersebut belum termasuk dengan biaya konsultasi dokter, serta obat-obatan dan lain sebagainya. Namun bagi peserta asuransi maka biaya-biaya tersebut bisa ditanggung atau mendapat penggantian atau reimburse. Bagi peserta BPJS  (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) juga bisa memanfaatkannya untuk sebagian tes kesuburan yang termasuk tes sederhana dan ditanggung oleh BPJS huna mengurangi biaya yang harus dibayar sendiri. Dalam hal ini seperti biaya untuk konsultasi dokter poli, dan tes darah, serta tes urin sederhana maka bisa free atau gratis atas tanggungan BPJS.

Jika ingin menggunakan tanggungan BPJS maka perlu mendapat surat rujukan dulu dari faskes pertama nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.