Mengapa Perlu Mengambil les Privat ?

Les private pada umumnya menawarkan belajar secara daring maupun luring, bisa belajar apapun, kapanpun, dan dimanapun. Daring atau dalam jaringan atau online adalah belajar secara langsung pada jaringan internet, baik menggunakan laptop atau smartphone. Sedangkan Luring atau luar jaringan atau  offline adalah belajar secara langsung atau tatap muka.  

Jasa Les privat biasanya menyediakan layanan les seperti guru datang ke tempat siswa, privat online atau bimbel semi privat. Tutor atau guru akan selalu siap untuk mengajar tatap muka di rumah, di kelas semi privat ataupun online. Tujuannya adalah memberikan suasana belajar yang variatif untuk siswa mulai dari anak hingga dewasa yang diajarkan oleh guru-guru privat yang ahli dibidangnya. Mulai dari matematika, Bahasa, ilmu pengetahuan, skill IT dsb.   

Les privat dengan cara guru datang ke tempat siswa adalah cara yang sangat bagus bagi siswa untuk belajar banyak tentang minat khusus siswa. Biasanya tutor dalam proses belajarnya tidak selalu mengikuti kurikulum yang berlaku di sekolah. Namun tetap menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan belajar para siswa.

Kelebihan tutor atau guru datang ke tempat siswa adalah siswa bisa request tempat dan waktu kapan untuk les privat, tutor atau guru bisa menyesuaikan jadwal dan rencana belajar yang ditentukan oleh siswa. Dengan begitu proses belajar dengan les privat akan membuat para siswa merasa lebih efektif dan nyaman. Sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa yang maksimal.  

Di sisi lain, proses belajar secara privat membuat siswa akan mendapatkan perhatian penuh dari seorang guru. Guru atau tutor akan membantu proses belajar secara signifikan, dan membantu memecahkan soal yang dianggap sulit atau masih kurang memahami pada soal atau bab tertentu. 

Apalagi bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses belajar, misalnya untuk mempelajari materi khusus, kurang bersemangat untuk belajar di kelas, kurang percaya diri dalam menguasai materi, rasa tidak nyaman pada siswa lain dan kurangnya minat terhadap bidang yang ditempuh, dan ingin mempelajari lebih banyak maka sangat disarankan melakukan les privat secara khusus guna meningkatkan skill bagi siswa itu sendiri. 

Pendekatan ini juga dapat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa mempunyai semangat dan mempunyai keingintahuan untuk mencari, menemukan, dan mengkomunikasikan pengetahuan. 

Dalam proses pembelajaran, guru atau tutor harus memperhatikan kebutuhan siswa, baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan khusus. Beberapa kebutuhan dasar yang harus dipenuhi guru adalah memperhatikan tingkat pengetahuan, kemampuan, gaya belajar dan minat siswa.

Tentunya dalam kegiatan les privat pada masa pandemi ini  selalu menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, sehingga tetap nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.