Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Tempat Les yang Bagus Bagi Anak

Ilustrasi siswa sedang belajar di kelas

Banyak orang tua yang memutuskan anaknya mengikuti bimbingan belajar dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan karena nilai rapot sekolah anaknya jelek, anaknya tidak optimal dalam belajar sendiri atau karena pelajaran tertentu yang dianggap sulit bagi anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat les yang bagus bagi anak. 

  • Tempat Les Memiliki Tenaga Pengajar yang Profesional

Aspek penting yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilih tempat les bagi anaknya yaitu tenaga pengajar. Pengajar sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu kompetensi dan keterampilan harus benar-benar dimiliki. Pilihlah tempat les yang didalamnya dikenal memiliki tenaga pengajar yang profesional. Kalau perlu cari tahu mengenai profilnya untuk mengetahui pengalaman dan juga sertifikasi guru tersebut. 

Ciri-Ciri tenaga pengajar yang profesional yaitu mampu memberikan pemahaman setiap anak didiknya pada materi pembelajaran yang disampaikan, menerapkan metode belajar yang kreatif agar anak didiknya tidak mudah bosan. Selain itu tenaga pengajar sebaiknya memiliki karakter disiplin belajar dan diterapkan juga kepada semua anak didiknya. Anda bisa cari tahu dari orang-orang sekitar atau yang pernah mengikuti bimbel di tempat les tersebut. 

  • Tempat Les Mampu Memberikan Bukti Kemajuan Anak dalam Belajar

Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa tempat bimbel yang diikuti anak mampu memberikan bukti kemajuan belajarnya melalui rekap nilai mirip rapot sekolah. Bukti kemajuan belajar tersebut sangat diperlukan supaya orang tua dapat melakukan analisa dan melihat kemajuan belajar anaknya. Umumnya, tempat les yang bagus mampu memberikan bukti nilai anak didiknya setiap 6 bulan sekali. 

Rapot atau bukti penilaian tersebut dapat diberikan secara online maupun offline. Nilai kemajuan yang dilampirkan biasanya terdiri atas nilai ujian, nilai dari latihan soal, nilai dari PR (pekerjaan rumah) dan nilai latihan kuis harian tertentu. 

  • Perhatikan Jumlah Anak Didik yang Diajar dalam Satu Kelas

Jumlah anak didik tiap satu kelas sangat mempengaruhi kemajuan belajar tambahan anak Anda. Oleh sebab itu, tanyakan terlebih dahulu pada tempat les berapa kira-kira jumlah anak didik tiap satu kelas. Sebaiknya hindari memilih tempat les yang setiap pertemuannya dihadiri lebih dari 10-15 orang. Karena jumlah anak didik yang terlalu banyak sangat mengganggu proses belajar, mudah bising serta mempengaruhi konsentrasi belajar pecah.  

  • Perhatikan Sistem serta Metode Belajar Les

Sebagai tempat les yang bagus, sistem dan metode pembelajaran yang diterapkan seharusnya juga berkualitas. Sistem dan metode pembelajaran yang tepat biasanya memberikan tugas rumah, quis harian, latihan modul soal dan juga ujian. Kemudian tenaga pengajar menanyakan soal mana yang sulit dan melakukan pembahasan detail sampai anak didiknya paham. Tempat les juga harus memberikan bukti perkembangan belajar anak sebagai bahan evaluasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.