Ketahui, 5 Manfaat Kalender Ovulasi

Ilustrasi kalender ovulasi

Kalender ovulasi atau masa subur merupakan cara agar Anda dapat mengetahui siklus menstruasi. Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda dapat melakukan beragam kegiatan yang lebih optimal dan maksimal. Untuk mengetahui manfaat kalender ovulasi, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mengetahui Waktu subur 

Apabila Anda sedang berencana untuk hamil atau menghindari kehamilan, maka menggunakan kalender ovulasi wanita merupakan hal yang tepat. Pasalnya, dengan mengetahui masa subur, Anda dapat melakukan hubungan seksual pada masa subur, atau menggunakan kontrasepsi apabila tidak ingin hamil. 

Umumnya, masa subur yang dialami wanita terjadi pada 12 dan 16 hari sebelum menstruasi dimulai. Sedangkan, masa yang tidak subur ialah hari-hari terakhir setelah menstruasi Anda berakhir.

  1. Meningkatkan Performa Kerja 

Ahli psikoterapi, yakni Dr. Harper, mengatakan bahwa wanita akan lebih merasa produktif dan fasih dalam bekerja selama dua minggu dari siklus menstruasi. Namun, selama minggu ketiga, tingkat testosterone dan esterogen dalam tubuh akan mengalami penurunan setelah ovulasi, yang menunjukkan bahwa pada fase ini wanita menjadi kurang pintar serta tidak pandai berbicara. Oleh karena itu, sebaiknya wanita mengurangi pekerjaan yang menekan dan menuntut pada fase ini.

Dengan menggunakan kalender ovulasi atau masa subur, Anda dapat mengatur komitmen kerja yang lebih baik, dan mengetahui performa kerja terbaik Anda.

  1. Olahraga Lebih Maksimal

Apabila Anda merupakan pribadi yang senang berolahraga, seperti mengikuti gym, yoga, dan lain sebagainya, maka dengan menggunakan kalender menstruasi sangat memberikan manfaat. 

Pasalnya, minggu kedua setelah masa menstruasi, tubuh Anda akan mengalami peningkatan estrogen. Dengan begitu, tubuh akan menghasilkan lebih banyak energi dan toleransi tinggi untuk berolahraga. Pada minggu ketiga, terjadi nya kombinasi estrogen dan progesterone dalam tubuh, yang mana membuat tubuh menjadi lebih efisien untuk membakar lemak. 

  1. Mengatur Jadwal Me-time

Beberapa wanita, umumnya mengalami lelah dan lamban saat seminggu sebelum menstruasi datang. Oleh karena itu, waktu ini kurang produktif untuk menjalani kegiatan berat. Dengan begitu, Anda bisa melakukan me-time. Namun, tentunya untuk melaksanakan me-time tersebut perlunya mengatur jadwal kapan waktu menstruasi datang. 

Supaya Anda bisa mengingat waktu menstruasi, sebaiknya mencatat jadwalnya dan setel pemberitahuan di ponsel dua hari sebelum periode menstruasi dimulai. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Dengan menggunakan kalender ovulasi atau masa subur, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan, ketika menjelang, selama, dan tepat setelah seminggu haid, suhu pada tubuh akan mengalami kenaikan dan kurang tidur sebab gerakan mata yang cepat atau REM. Dengan begitu, Anda perlu usaha lebih besar untuk bisa tidur.

Supaya bisa tidur, maka saat berada di fase tersebut, sebaiknya untuk melakukan olahraga, membatasi kafein, dan membuat jadwal tidur yang konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.