5 Cinderamata Pernikahan Ramah Lingkungan

Cinderamata pernikahan merupakan salah satu bagian penting yang wajib dipertimbangkan ketika pasangan ingin menggelar pesta pernikahan. Meskipun sederhana, cinderamata atau souvenir pernikahan memiliki peranan yang esensial karena menjadi kenang-kenangan bagi para tamu yang hadir. 

Seiring meningkatnya kesadaran untuk menjaga kelestarian bumi, tidak ada salahnya untuk memilih souvenir yang ramah lingkungan. Souvenir dikatakan ramah lingkungan jika bahan dan proses pembuatannya tidak mencemari lingkungan. Berikut ini adalah beberapa pilihan cinderamata pernikahan ramah lingkungan.

Alat Makan Dari Kayu

Alat makan berbahan dasar kayu seperti sendok dan garpu dapat menjadi pilihan souvenir yang menarik. Pemilihan souvenir ini menandakan bahwa calon pengantin ingin ikut berkontribusi menjaga lingkungan. Selain itu, sendok garpu kayu juga memiliki tampilan klasik dengan aroma khas sehingga juga memberikan kesan unik.

Tanaman Hias

Menanam tanaman merupakan salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan. Oleh sebab itu, souvenir dari tanaman hias dapat menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak jenis tanaman yang dapat dipilih untuk souvenir. Pastikan tanaman tersebut tidak terlalu besar untuk dibawa dan diletakkan di pot yang lucu dengan hiasan pita misalnya bibit anggrek atau tanaman lainnya.

Tas Belanja

Jika Anda mencari cinderamata pernikahan unik yang praktis tetapi juga bermanfaat untuk tamu undangan sekaligus mendukung upaya go green adalah memilih souvenir tas belanja. Souvenir ini belum terlalu mainstream dan dapat dibuat dengan warna, desain, dan bahan sesuai dengan keinginan sehingga akan menjadi souvenir yang unik.

Kerajinan Perca

Perca merupakan potongan sisa-sisa kain dari pabrik konveksi atau penjahit. Jika tidak diolah, perca tersebut tentu akan menjadi limbah. Saat ini sudah banyak bermunculan souvenir lucu yang memanfaatkan bahan utama berupa kain perca seperti tempat pensil, tempat tisu, gantungan kunci, dll. Anda dapat mempertimbangkan kerajinan perca sebagai pilihan souvenir.

Sabun Organik

Sabun organik yang dikemas dengan cantik dapat menjadi cinderamata pernikahan yang spesial dan mengesankan. Jenis sabun ini telah hadir dalam berbagai pilihan aroma seperti jeruk, kopi, lavender, vanilla, dan berbagai aroma lainnya. Selain itu produk ini juga tidak mengandung paraben, deterjen, dan alkohol sehingga cocok untuk semua jenis kulit, khususnya kulit sensitif.

Sedotan Stainless

Saat ini cukup marak kampanye atau ajakan untuk mengurangi sampah plastik, termasuk sedotan plastic. Untuk mendukung upaya tersebut, Anda dapat memilih souvenir berupa sedotan stainless. Sedotan ini sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana dan dapat digunakan untuk jangka panjang karena dapat dicuci, sehingga dapat meminimalisir penggunaan sedotan plastic.

Demikian beberapa contoh cinderamata pernikahan yang ramah lingkungan. Dengan memilih cinderamata tersebut, Anda juga telah ikut berpartisipasi dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan. Bagaimana, sudah menemukan souvenir yang sesuai dengan selera Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.