Apa Saja Manfaat Belajar Fisika Dalam Kehidupan?

Ilmu apa saja yang dipelajari tentu akan membawa manfaat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan ilmu fisika yang sering kali ditemui mulai dari SMP-SMA bahkan di perguruan tinggi. Ilmu fisika memang tergolong pelajaran yang cukup sulit, jadi tidak heran jika banyak siswa yang memutuskan mengikuti kursus fisika

Fisika Bisa Membuat Anda Lebih Menghargai Kehidupan

Ilmu fisika pada dasarnya akan membahas banyak hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari peristiwa daun yang jatuh dari pohon, perputaran bumi, alam semesta dan matahari. Bahkan dalam ilmu fisika juga dipelajari bagaimana munculnya listrik, berapa tegangan listrik yang tepat dan masih banyak hal lainnya. Pernah dengar rumus fisika tentang tekanan (P)?

Tekanan (P)= Gaya (F) / Luas Area (A)

Tahukah Anda bahwa rumus tersebut, ada juga lho kaitannya dengan kehidupan. Tekanan akan semakin besar, jika semakin banyak gaya, namun tekanan juga akan kecil jika luas area diperbesar. Luas area yang dimaksud disini bisa diibaratkan hati. Jika Anda merasa tekanan hidup yang dialami terlalu besar, maka cobalah untuk lapang dada dan jangan terlalu banyak gaya. Masih banyak hukum lain dalam ilmu fisika yang bisa diambil hikmahnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ilmu Fisika Bisa Memudahkan Pekerjaan

Ingat tentang pelajaran pesawat sederhana? Apa yang terpikirkan pada benak saat mendengar materi tersebut? Awalnya pasti banyak yang berpikir bahwa pesawat yang dimaksud disini adalah yang sering seliweran di langit. Ternyata dugaan tersebut salah. Salah satu contoh pesawat sederhana yaitu katrol yang digunakan sebagai timba pada sumur konvensional. Melalui katrol akan lebih mudah mendapatkan air menggunakan ember bertali. Hal inilah yang membuat siswa tertarik mengikuti kursus fisika.

Ilmu Fisika Membantu Dalam Menciptakan Inovasi

Jika Anda telah berhasil menguasai segala konsep dalam ilmu fisika, maka terapkan ilmu tersebut untuk berinovasi atau menciptakan penemuan baru dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali mainan yang menerapkan ilmu fisika di dalamnya, seperti ketapel, mobil mainan dari kotak korek api, petasan busi motor, telepon aqua dan masih banyak lagi. Saat ini bahkan sudah banyak inovasi teknologi baru yang di dalamnya tidak pernah lepas dari ilmu fisika. 

Melatih Menyelesaikan Masalah Secara Logis

Sadarkah Anda bahwa dalam menyelesaikan soal fisika, guru selalu membuat perumpamaan dalam aktivitas nyata. Ternyata metode tersebut lebih mudah untuk menciptakan pemahaman. Setiap siswa dituntut untuk bisa berpikir secara logis dalam memecahkan setiap permasalahan. Pertama siswa diajarkan untuk mencari tahu akar permasalahan, kedua faktor yang mempengaruhinya kemudian baru cara atau rumus penyelesaian yang bisa digunakan. 

Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah pendapat diatas benar adanya? Jadi mulai sekarang jangan takut untuk mencoba memahami segala ilmu fisika. Jika tidak mampu memahaminya sendiri, maka coba ikuti kursus fisika untuk bisa belajar bersama-sama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.